Visi, Misi, tujuan, Sasaran, Strategi dan Kebijakan Umum Kabupaten Gresik 

Visi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih adalah “Gresik yang agamis, adil, makmur dan berkehidupan yang berkualitas.”

Untuk mewujudkan visi tersebut ditempuh dengan misi sebagai berikut:

  1. Mendorong tumbuhnya perilaku masyarakat yang sejuk, santun dan saling menghormati yang dilandasi oleh nilai-nilai agama sesuai dengan simbol Gresik sebagai Kota Wali dan Kota Santri
  2. Meningkatkan pelayanan yang adil dan merata kepada masyarakat melalui tata kelola kepemerintahan yang baik
  3. Mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat secara merata melalui pengembangan ekonomi lokal, konsep ekonomi kerakyatan dan pembangunan yang berwawasan lingkungan
  4. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  5. Meningkatkan sumberdaya manusia melalui peningkatan pendidikan, kesehatan dan pendapatan masyarakat;
  6. Pembangunan ekonomi sinergis dengan potensi daerah secara berkelanjutan meliputi industria, perdagangan, jasa, pertanian berbasis agrobis, meningkatkan daya saing usaha kecil menengah dan koperasi, serta pengembangan sector pariwisata;
  7. Meningkatkan modal sosial, kegiatan sosial, dan ketertiban masyarakat;
  8. Meningkatkan peran serta dan inovasi masyarakat dalam pembangunan yang berwawasan gender;
  9. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui peningkatan sistem pelayanan dan tata kelola pemerintahan yang baik, serta profesionalisme aparatur;
  10. Meningkatkan investasi melalui pembangunan infrastruktur daerah dan pembangunan iklim investasi;
  11. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berpolitik dan pengembangan iklim demokrasi yang sehat.
  12. Pelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan;

Jika ditelaah terhadap visi, misi dan program kepala daerah dan wakil daerah terpilih terutama dalam hal peningkatan pelayanan yang adil dan merata kepada masyarakat melalui tata kelola kepemerintahan yang baik, maka pengimplementasian secara langsung kepada masyarakat dalam rangka pelayanan publik secara cepat, tepat dan akurat serta pencapaian kinerja dalam pelaksanakan tupoksi di kecamatan Gresik akan menjadikan  tercapainya visi, misi dan program tersebut.

Visi Misi Desa Boboh

RPJMDes ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ) adalah perencanaan secara partisipatif yang di lakukan oleh seluruh Steak Holder Desa dan Masyarakat Desa Boboh untuk mengembangkan program penanggulangan kemiskinan, perbaikan taraf hidup, pendidikan, kesehatan serta Perbaikan Infrastuktur di Desa, baik jangka pendek selama satu tahun maupun jangka menengah selama 6 tahun. Program dikembangkan berdasarkan kepada visi (cita – cita) warga Desa Boboh mengenai masa depan desa di masa yang akan datang sesuai dengan potensi yang ada serta memecahkan permasalahan yang sudah dikaji dalam Siklus Pemetaan Swadaya. Visi Desa Boboh merupakan tujuan akhir pembangunan di Desa Boboh dalam kurun waktu selama 6 tahun mendatang.

Visi – Misi Desa Boboh ini dirumuskan dan ditetapkan berdasarkan Visi – Misi Kepala Desa Terpilih dengan mempertimbangkan komitmen bersama berbagai unsur masyarakat desa. Visi-Misi desa ini ditetapkan dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal desa serta potensi dan permasalahan yang ada. Juga mempertimbangkan berbagai kekuatan dan kesempatan yang ada dan memungkinkan untuk dikembangkan, serta kelemahan dan ancaman yang diupayakan secara maksimal untuk diatasi.

Visi Desa Boboh secara optimis akan bisa dicapai karena semua masyarakat memahami dan menjalankan program pembangunan desa secara gotong-royong. Juga kerjasama dan dukungan semua pihak yang dikembangkan dengan cara yang partisipatif, transparan, demokratis, adil dan bertanggungjawab,  dapat mencapai hasil yang maksimal dan berdasar pada kebutuhan masyarakat.

Penting bagi warga Desa Boboh untuk membangun visi sebagai acuan bagi gerakan warga untuk menggapai kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang, sehingga program yang dikembangkan bukan hanya memecahkan persoalan – persoalan praktis yang sekarang dihadapi oleh warga Desa Boboh, akan tetapi juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kemiskinan yang lebih parah di kemudian hari.

Visi Desa Boboh adalah sebagai berikut :

“Menciptakan peningkatan taraf hidup masyarakat melalui perbaikan sarana dan prasarana lingkungan yang sehat dan memadai, serta pemberdayaan potensi ekonomi dan sosial.”

Sedangkan Misi Desa Boboh sebagai berikut :

“Menciptakan peningkatan taraf hidup masyarakat melalui perbaikan sarana dan prasarana lingkungan yang sehat dan memadai, serta pemberdayaan potensi ekonomi dan sosial dengan menitik beratkan Pada potensi yang di miliki desa dengan menjalin kemitraan”.

Misi ini diterjemahkan dalam beberapa upaya-upaya sebagai berikut :

Aspek Kesehatan

  • Meningkatan kesadaran hidup sehat pada masyarakat..
  • Lingkungan Desa Boboh yang bersih, sehat, dan asri.
  • Meningkatan kesadaran hidup sehat pada masyarakat.
  • Meminimalisir timbulnya penyakit menular.
  • Layaknya Sarana dan Prasarana Kesehatan.
  • Meningkatnya Pemahaman Masyarakat Tentang hidup Sehat.

Aspek Ekonomi

  • Meningkatknya perekonomian masyarakat terutama pada warga miskin.
  • Meningkatnya sarana dan prasarana Penunjang Kegiatan ekonomi.
  • Mengurangi angka pengangguran
  • Tersedianya lembaga permodalan di wilayah Desa.
  • Tersedianya / terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat desa.
  • Peningkatan ketrampilan masyarakat terutama warga kurang mampu.

Aspek Pendidikan

  • Layaknya Sarana dan Prasarana pendidikan.
  • Peningkatkan SDM dan ketrampilan.
  • Pemberdayaan perempuan.
  • Peningkatkan SDM dan ketrampilan
  • Menurunnya angka buta huruf di desa.
  • Peningkatan mutu & kelangsungan pendidikan bagi anak usia belajar.

Dalam mewujudkan misi ini, diwujudkan dalam perencanaan program kegiatan yang berbasis pada pembangunan manusia yang meliputi :

  1. Penanggulangan kemiskinan dan kelaparan.
  2. Mencapai pendidikan dasar untuk semua.
  3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.
  4. Menurunkan angka kematian anak.
  5. Meningkatkan kesehatan ibu dan anak.
  6. Memerangi penyakit HIV AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya.
  7. Melestarikan lingkungan hidup.
  8. Membangun kemitraan glogal untuk pembangunan.
  9. Melaksanakan pembangunan di segala bidang menuju kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada, memelihara semangat gotong royong dan berwawasan lingkungan.
  10. Menciptakan Masyarakat yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan memiliki ciri khas budaya/tradisional yang dapat memberi nilai tambah pada kehidupan dan kemasyarakatan.
  11. Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang sehat, cerdas, terampil, professional, dan berdaya guna untuk mengelola potensi Desa Boboh.
  12. Meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dan kehidupannya.
  13. Mewujudkan demokratisasi, menghormati HAM dan supremasi hukum, menjaga kerukunan dan gotong royong, menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat sehingga tercipta suasana yang kondusif bagi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pelaksanaan pembangunan di desa Boboh.